Thursday, June 18, 2015

Pertemuan Yang Spesial

One of my best true stories

Monday Stweetball adalah komunitas basket untuk umum yang main setiap senin dari jam 4 sampai jam 7 sore di lapangan ABC Senayan. Komunitas ini didirikan oleh Pandji Pragiwaksono, Richard Insane Latunusa, dan Joshua JFlow Matulessy. Komunitas basket pertama gue, komunitas yang banyak ngebantu gue jadi orang lebih baik lagi, lebih sehat lagi. Komunitas yang orang-orangnya sudah jadi sahabat, saudara.. keluarga bagi gue.

Komunitas ini adalah hasil dari ketemu Pandji ketika Tarung Tawa (acaranya Ernest) tanggal 26 Mei 2013 di Balai Kartini. Waktu gue ketemu Pandji setelah acara selesai, dia kasi gue info kalo tiap Senin, ada maen bareng basket di ABC Senayan, dan gue langsung girang karena gue kalo maen basket biasanya jauh, di Bogor atau Serang.

Sejak itu, gue sering main tiap senin bareng Monday Stweetball, walau dateng selalu telat karena gue harus kerja dulu seenggaknya sampe jam 5 sore.


Kenapa pertemuan gue dengan Pandji waktu itu bisa dikategorikan sebagai pertemuan yang special? Karena pertemuan itu jadi salah satu titik balik buat gue.

Semua berawal dari Monday Stweetball. Monday Stweetball awal-awal gue itu dihiasi dengan pala kleyengan, napas pendek, gak bisa sprint, kalo abis fastbreak gak bisa defense, mau muntah, badan sakit, dan lain-lain. Tanda-tanda kalo tubuh gue bener-bener sudah gak mampu main basket lagi. Tapi umur gue masih 32-33, jadi gue gak percaya kalo gue sudah ‘habis’. Makanya gue ngurangin rokok, ngusahaain makan makanan yang sehat, ngurang-ngurangin junkfood, dan yang gue sendiri ngga sangka, gue mulai lari.



Gue mulai lari bulan Juli 2014. Juni ini adalah bulan ke 12 gue jalanin hashtag #runforbetterbasketball dan #trusttheprocess-nya Insane. Masih terasa jelas kondisi gue waktu pertama kali lari. Pinggang kaku sampe bener-bener gak bisa ditekuk, perut sakit, tenggorokan kering, kepala pusing kekurangan oksigen. Kondisi yang sangat menyedihkan, karena gue sangat-sangat mencintai olahraga. Kemerosotan parah daya tahan tubuh gue dalam berolahraga itu ibarat neraka buat gue, gue gak mau ada di situ, dan gue gak mau seperti itu. Makanya gue gak pernah berhenti berusaha untuk lebih baik lagi, gue selalu paksa tubuh gue sampe maksimal. Gue juga ikutan yoga (gratis dari kantor), untuk bantu latih pernapasan dan kelenturan sendi-sendi gue.

8menit lari, sisanya jalan untuk ngelemesin pinggang yang kaku.

Satu yang gue selalu bisikin ke diri gue sendiri : ‘Trust The Process’, semua gak ada yang instan, hargai prosesnya. Percaya!

Mungkin gue gak bisa balikin kondisi kekuatan tubuh gue ke 10 tahun yang lalu. Tapi gue ngerasa pasti bisa main basket seperti 10 tahun yang lalu, dengan skill basket yang lebih dari gue 10 tahun yang lalu. Dan itu kesampean. Dan gue masih bisa berkembang lagi. Fun! Right!?

BestRun gue saat ini.

Perasaan bahagia ketika gue bisa berolahraga dengan normal itu mungkin cuma bisa dikalahin sama perasaan waktu gue motong sendiri ari-ari anak gue waktu dia lahir. Perasaan yang ngga ada duanya.

Gue tulis ini bukan buat sombong-sombong. Tapi buat motivasi kita semua, selama Tuhan masih kasi kita kesempatan, jangan pernah berhenti untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Karena kita pasti bisa! Buktinya? Gue bisa… (walau mungkin cuma di olahraga).

Semua itu berawal dari pertemuan singkat dan chat kecil Pandji yang secara langsung nawarin Monday Stweetball ke gue. Hal kecil yang ternyata membawa hasil yang sedemikian besar buat diri gue.


Gimana, spesial bukan?

No comments:

Post a Comment